Tutorial Komputer dan Troubleshooting Komputer Agar Komputer Tetap Optimal Setelah Dipakai Lama

Cara mengatasi virus $Recycle.bin


Apa Itu $Recycle.bin & apa fungsinya?
$RECYCLE.BIN sebenarnya bukan virus, $RECYCLE.BIN adalah direktori yang diciptakan oleh Windows untuk menampung sementara file-file yang kamu hapus di komputer.
Jadi sebenarnya kalo kamu menghapus (Delete) file di Windows, file tersebut tidak langsung dihapus tetapi ditempatkan dahulu di Recycle Bin (Tempat sampah). Tujuannya adalah untuk menjadi backup / cadangan jika sewaktu-waktu kamu salah hapus atau ternyata file yang kamu hapus dibutuhkan kembali. 
Selama ini orang-orang salah menilai $Recycle.bin, yang sebernya $Recycle.bin berfungsi untuk menampung sementara file-file yang dihapus dari komputer. Bagaimana cara menghilangkan folder $Recycle.bin supaya kapasitas harddisk kita tidak dimakan $Recycle.bin?, Solusinya sangatlah mudah Caranya adalah klik kanan pada [Recycle Bin] lalu pilih [Properties]. Pada menu “Recycle Bin Properties” kemudian pilih tombol “[Don’t move files to the Recycle Bin. Remove files immediately when deleted.]

Seperti yang dikutip dari vaksin.com, Jika virus memalsukan dirinya sebagai Recycle.bin ia akan memiliki ekstensi yang bisa dieksekusi seperti “recycler.exe” atau “recycler.inf” dan biasanya hal ini diikuti dengan adanya file “autorun.inf” di direktori root.
Seharusnya jika komputer kamu menggunakan program antivirus yang terupdate maka ia akan mampu memproteksi komputer dari serangan virus autorun yang memalsukan dirinya sebagai recycle bin. 

Jadi dapat disimpulakn kalo $Recycle.bin itu bukan virus tetapi folder bawaan dari windows itu sendiri, dan perlu diwaspadai juga, kalo $Recycle.bin bisa jadi pintu utama masuknya virus "recycler.exe" atau "recycler.inf" selalu update antivirus kamu agar aman dari serangan virus :)

Cara mengatasi virus $Recycle.bin Rating: 4.5 Diposkan Oleh: asdasd

4 komentar:

  1. kl sudah aman dr virus, ngegame jd lancar gan,
    beli game nya disni www.aliagame.com rp.4000-5000/dvd

    BalasHapus
  2. setalah melakukan hal di atas apakah virus shortcut yang saya hadapi akan hilang? soalnya, laptop saya bermasalah dengan virus shortcut dan juga folder recycle.bin ini :(

    BalasHapus
  3. gimana dengan cara men-turn off autorun dan system restore. apa sama sj?
    mohon pencerahan bos....

    BalasHapus