Tutorial Komputer dan Troubleshooting Komputer Agar Komputer Tetap Optimal Setelah Dipakai Lama

Penyebab Not Responding di Komputer / Laptop

Penyebab Not Responding di Komputer dan Laptop- Komputer dan Laptop merupakan alat yang sering digunakan manusia untuk mempermudah berbagai pekerjaan. Mulai dari mengolah data, mencetak, design, menonton film dan masih banyak lagi. Namun komputer juga bisa jadi masalah yang terkadang sering memusingkan manusia itu sendiri.

Contoh nya saja komputer yang sering blank, komputer yang sering not responding. Semua itu merupakan sedikit contoh masalah yang sering dialami oleh manusia pada umumnya. Namun kali ini SoBo akan membahas tentang cara mengatasi komputer yang sering not responding.

Terjadinya not responding pada komputer kalian disebabkan karena terlalu lambatnya komputer untuk meload. Contohnya saat kita ingin membuka aplikasi Adobe Photosop atau Corel Draw, namun terlalu lambat untuk membuka aplikasi tersebut. Saat kita bermaksud untuk meng-close atau mengeluarkan aplikasi tersebut, ternyata yang terjadi komputer tersebut menjadi not responding yang berubah menjadi putih.

Memang banyak sekali penyebab terjadinya masalah seperti komputer sering not responding, Windows not responding, this file not responding. Penyebab tersebut dapat juga diakibatkan oleh karena hardware dan software komputer tersebut yang mengalami masalah ataupun sudah mengalami kerusakan yang cukup parah.

Berikut merupakan berbagai masalah atau penyebab terjadinya komputer sering not responding.
  • Shortcut Komputer
Salah satu penyebab terjadinya komputer sering not responding juga dapat dikarenakan shortcut yang berlebihan dan tidak berguna atau tidak pernah kita pakai pada dekstop.
Salah satu cara untuk mengatasi tersebut adalah, jangan terlalu banyak memasang shortcut yang terlalu banyak pada dekstop komputer kamu.

Dengan cara menghilangkan atau jangan menampilkan shortcut tersebut. Bisa kamu lakukan dengan cara klik kanan pada dekstop > View > hilangkan centang pada show dekstop icon.
  • Terlalu Banyak Aplikasi
Terlalu banyak aplikasi pada komputer, justru akan mengakibatkan komputer menjadi lebih lambat. Karena proses yang dilakukan akan semakin banyak dan berat. Akibatnya komputer kamu akan menjadi lambat dan sering mengalami not responding.

Untuk mengatasi masalah ini, harus meng-uninstall aplikasi yang mempunyai kapasitas yang terlalu besar dan tidak bermanfaat. Sebaiknya install aplikasi yang bermanfaat dan benar-benar dipakai.
  • Tampilan yang Berlebihan
Tampilan komputer yang menarik memang menjadi sebuah keinginan tersendiri. Tapi taukah kamu? kalau mempunyai komputer dengan tampilan yang berlebihan justru akan mengakibatkan komputer menjadi lebih lambat dan berat. Contohnya terlalu banyak memasang widgets yang tidak bermanfaat, seperti widgets jam, cuaca dan widget yang tidak perlu lainnya.

Dan juga dapat diakibatkan dengan menginstall tema yang justru membuat komputer kamu menjadi lebih lambat dan sering mengalami not responding.

Hal ini mengakibatkan RAM yang digunakan menjadi lebih lambat karena RAM yang kamu pakai tidak sepadan dengan aplikasi atau tampilan yang dipasang. RAM inilah yang menerima semua beban khususnya tampilan komputer. Semakin banyak tampilan yang kamu pasang di komputer mengakibatkan RAM yang kamu miliki akan menjadi lambat untuk meload semua tampilan pada komputer kamu.

 Kalo kamu ga punya cukup RAM dan VGA sebaiknya jangan menginstall themes aplikasi yang berat dan aplikasi yang tidak dibutujkan kareana hal itu dapat mengakibatkan komputer kamu menjadi lebih lambat dan sering mengalami not responding.
  • HARDISK
Terjadinya not responding tidak hanya di akibatkan oleh software yang digunakan, namun juga terjadi karena hardware yang digunakan telah mengalami kerusakan atau eror. jadi komputer membutuhkan waktu lama untuk meload hardisk.

Eror hardisk juga diakibatkan dengan terlalu banyak file yang tersimpan, dan juga diakibatkan karena terjadinya benturan hardisk yang mengakibatkan komputer menjadi eror dan lambat.

  • OS YANG RUSAK
Penyebab terjadinya error Not Respondingbisa juga karena operating system yang digunakan rusak, atau terinfeksi virus, cara termudah dan tergampang adalah dengan menginstall ulang Operating System yang kamu gunakan, tapi jangan lupa untuk mengcopy data yang penting terlebih dahulu sebelum di install ulang :D

Follow twitter sobo yang ada di sebelah kanan kamu, dan juga Facebook buat dapetin info terupdate Like

Penyebab Not Responding di Komputer / Laptop Rating: 4.5 Diposkan Oleh: asdasd

14 komentar:

  1. Saya sering Not responding , kadang mouse yg lagi bergerak tiba" diem .
    apa lagi kalo browsingan sebenrnya koneksi internetnya lancar , tapi kalo mengetik , membuka sesuatu sering not responding . laptop saya asalnya win 7 , sama ayah saya di bawa ke tempat yang jual laptop buat minta installin win 8 . tapi bagi saya ngga ada gunanya .
    jadi kira" tutorialnya buat ngatasi masalah ini ? makasih ^_^

    BalasHapus
  2. riki.. instalwin xpaja.. enteng..

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Gan Boleh Nanya?Saat Saya Bermain Game Tiba Tiba Progam Game Nya Not Responding Dan Mousenya Gk Bisa Digerakin Gimana Tuh Gan?Tolong Solusinya ^_^

      Hapus
  4. gan laptop saya sering not responding dan juga lambat membuka foldernya tapi kursor mousenya tetap bisa digerakin.tolong bagaimana cara agar bisa lebih dipercepat.tank

    BalasHapus
  5. laptopku selalu not responding kalau lagi buka internet, jadinya kesal dan diriku matikan paksa T-T ah nyebelin banget tau gak sih huhuhuhuhu #kenapajadicurhat...

    BalasHapus
  6. gan laptop saya kok dipake main game pake ppsspp sering not responding tpi klo main game PC gk pernah not responding
    itu knp ya gan? mohon pencerahannya

    BalasHapus
  7. Lapop Ane Sering bgt Not resphonding :3 Apalagi Browsingan.. Bikin Nyesek :v Thx info nya

    BalasHapus
  8. gan laptop ane kok pas buka game yang windowed suka tiba tiba kedip-kedip not responding ya? mohon di bantu

    BalasHapus
  9. baru tau kalo banyak aplikasi juga bisa mempengaruhi eheheh , thanks gan info nya (y)

    Jangan lupa kunjungi -> http://raja-alatantrian.blogspot.co.id/ untuk anda yang mencari alat antrian dan alat survey pelanggan yang lengkap, atau juga bisa hub kami 082150065758 , pin 2a9be37c

    BalasHapus